American Made (2017) (4/5)


RottenTomatoes: 88% | IMDb: 7,4/10 | Metascore: 63/100 | NikenBicaraFilm: 4/5

Rated: R | Genre: Action, Drama, Comedy

Directed by Doug Liman ; Produced by Brian Grazer, Brian Oliver, Tyler Thompson, Doug Davison, Kim Roth ; Written by Gary Spinelli ; Starring Tom Cruise ; Music by Christophe Beck ; Cinematography C├ęsar Charlone ; Edited by Saar Klein, Andrew Mondshein, Dylan Tichenor ; Production company Cross Creek Pictures, Imagine Entertainment, Quadrant Pictures, Vendian Entertainment, Kylin Pictures ; Distributed by Universal Pictures ; Release date September 29, 2017 (United States) ; Running time 117 minutes ; Country United States ; Language English ; Budget $80 million

Story / Cerita / Sinopsis :
Barry Seal (Tom Cruise) adalah seorang pilot handal dari TWA yang kemudian diminta seorang agen CIA bernama Monty Schafer (Domhnall Gleeson), untuk menjadi pilot mata-mata di Amerika Tengah. Barry Seal lalu menjalani "proyek sampingan" bagi Medellin Cartel dengan menyelundupkan kokain ke Amerika Serikat.

Review / Resensi: 
Berdasarkan kisah nyata, kisah kehidupan Barry Seal (Tom Cruise) nyaris susah untuk dipercaya. Di periode tahun 70-80an, Barry Seal adalah seorang pilot handal yang kemudian direkrut oleh CIA untuk menjadi mata-mata bagi CIA. Tidak cukup sampai di situ, ia kemudian bekerjasama dengan Medellin Cartel (salah satu kartel terbesar di Kolombia dengan nama salah satu pimpinannya adalah Pablo Escobar) untuk menyelundupkan kokain besar-besaran ke Amerika Serikat. Hal ini membuatnya berurusan dengan banyak pihak, termasuk DEA, FBI, hingga White House. Barry Seal jelas adalah pelaku kriminal yang tidak pantas ditiru, namun kisah hidupnya harus diakui.... pretty cool. Sutradara Doug Liman, yang sebelumnya bekerjasama dengan Tom Cruise lewat Edge of Tomorrow (2014), tahu benar hal itu dan menjadikan kisah Barry Seal lewat biopik American Made ini menjadi sebuah film yang fun dan tidak terlalu serius. American Made mengesankan Barry Seal sebagai seorang rockstar di dunia kriminal.

Kalau ada negara paling brengsek di dunia, maka itu adalah: Amerika Serikat. Saya kemarin habis baca beberapa esai Noam Chomsky (yang buat saya susah banget dimengerti berhubung pengetahuan politik dunia saya sangat terbatas) tentang kebusukan pemerintah Amerika Serikat, dan hingga sekarang hal ini bikin saya percaya bahwa semuanya memang KONSPIRASI AMERIKA. Cukup menyenangkan kemudian ketika saya bisa menontonnya melalui perspektif seorang pelaku kriminal yang oportunis, Barry Seal, lewat American Made ini. Saya tidak tahu seberapa akurat film ini dengan fakta sejarah yang ada, namun naskah film yang dikerjakan Gary Spinelli ini sedikit banyak mengkritisi dan menyentil betapa ngawurnya pemerintah Amerika Serikat. Amerika Serikat tidak peduli dengan warganya, tidak peduli dengan demokrasi, atau tidak peduli dengan negara lain. Mereka hanya mengutamakan kepentingan mereka sendiri (baca: sponsor pemerintah AS). Tapi santai saja, American Made bukanlah sebuah drama politis yang membosankan. Malah sebaliknya, American Made adalah film yang santai, kocak, dan fun - sehingga hal ini membuat kita tidak perlu terlalu jauh memusingkan keakuratan ceritanya itu sendiri (atau bahkan jalan ceritanya yang terasa too good to be true).

Sepanjang durasinya selama hampir 2 jam ini, kita tidak akan dibuat bosan dengan ceritanya yang berjalan sangat dinamis, kocak, dan juga seru. Ada banyak konflik yang muncul, namun dengan bantuan narasi voiceover dari tokoh Barry Seal, kita juga tidak akan dibuat bingung. Ada beberapa momen-momen menegangkan yang kemudian dibelokkan dengan jenaka dan asyik, menjadikan sajian American Made sangat ringan dan menyenangkan. Saya mungkin agak bermasalah dengan beberapa scene yang kadang terasa datar pada momen-momen yang harusnya dramatis, namun selebihnya tidak ada masalah.

Kita boleh tidak menyukai orang-orang jahat di dunia nyata, namun Hollywood dan industri perfilman kerap menjadikan tokoh-tokoh semacam ini jadi kelihatan lebih keren daripada seharusnya (Leon di Leon: The Professional, Daniel Plainview di There Will Be Blood, atau Frank Abagnale Jr. di Catch Me if You Can). Well, termasuk si Barry Seal yang seru dan cool ini (hey, dia bercinta dengan istrinya saat mengendarai pesawat!). Karakternya sangat santai dan asyik, tipe partygoers yang ingin kamu ajak berkawan di dunia nyata. Di usia yang sudah 50an, Tom Cruise mungkin lebih dikenal lewat film-film action-nya, namun jangan lupa bahwa ia juga punya pesona sebagai aktor watak yang karismatik. Tom Cruise sangat charming dan fun sebagai Barry Seal, jadi bolehlah kita anggap ini sebagai penebusan dirinya di film The Mummy yang ancur parah. 

Bersettingkan periode tahun 70-80an, Doug Liman juga konsisten membawakan nuansa visual art ala 80an yang retro. Iringan soundtrack music bernuansa rock (saya pasti bakal download lagu-lagunya habis gini) juga menjadikan American Made sangat rock 'n roll dan sangat... Amerika. Liman juga menyisipkan montase dan real footage dari periode tersebut, termasuk di antaranya pidato asli Ronald Reagan. Dan by the way, American Made juga menampilkan beberapa karakter cameo yang nantinya akan menjadi Presiden Amerika Serikat berikutnya: George H.W. Bush, Bill Clinton, dan George W. Bush.    
Overview:
Seru, kocak, dan sangat menghibur. Entah apakah ceritanya beneran akurat atau tidak, namun sutradara Doug Liman dan screenwriter Gary Spinelli tampaknya memang memutuskan untuk sekedar "bersenang-senang" dan tidak terlalu serius, dan ini cukup berhasil. Plotnya mungkin tidak terlalu spesial, namun tetap saja tidak membosankan. Menyenangkan melihat Tom Cruise berperan fun dan tidak terlalu serius sebagai karakter Barry Seal yang unik ini.